Senin, 15 April 2013

Leonhard Euler


                                           Potret oleh Johann Georg Brucker (1756)

Lahir15 April 1707
BaselSwitzerland
Meninggal18 September 1783 (umur 76)
[OS: 7 September 1783]
St. PetersburgRusia
Tempat tinggalPrusiaRusia
Swiss
KebangsaanSwiss
Bidangfisikawan dan matematikawan
InstitusiAkademi Ilmu Pengetahuan Rusia
Akademi Ilmu Pengetahuan Prusia
Alma materUniversitas Basel
Pembimbing
akademik
Johann Bernoulli
Mahasiswa
doktoral
Joseph Louis Lagrange
Tanda tangan
Catatan
Dia adalah ayah matematikawan Johann Euler
Menurut otoritas genealogi akademik dia dianggap setara dengan penasihat doktoral.


Leonhard Euler (lahir di BaselSwiss15 April 1707 – meninggal di St. PetersburgRusia18 September 1783 pada umur 76 tahun) (dilafalkan "oiler") adalah matematikawan dan fisikawan Swiss. Ia dipandang (bersama ArchimedesGauss, dan Newton) sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa.
Euler menyumbangkan berbagai penemuan penting di bidang-bidang yang beragam seperti kalkulus dan teori graf. Dia juga memperkenalkan terminologi dan notasi matematika modern, terutama untuk analisis matematika, seperti konsep fungsi matematika.[1] Dia juga dikenal dengan karya-karyanya dalam bidang mekanikadinamika fluidaoptika dan astronomi.
Dia merupakan salah satu matematikawan paling subur. Kumpulan karyanya memenuhi 60-80 volume kuarto[2]. Pernyataan yang disebutkan berasal dari Pierre-Simon Laplace menyatakan pengaruh Euler dalam matematika: "Baca Euler, baca Euler, dialah tuan kita semua."[3]
Euler ditampilkan pada seri keenam uang kertas 10 franc dan pada banyak perangko Swiss, Jerman dan Rusia. Untuk menghormatinya, nama salah satu asteroid2002 Euler berasal dari namanya. Dia juga dikenang oleh Gereja Lutheran pada kalender para Santa Lutheran pada tanggal 24 Mei. Euler merupakan penganut taat agama Kristen, dan mempercayai bahwa Alkitab bersih dari kesalahan, dan berargumen sengit melawan para ateisternama pada zamannya.[4]

Catatan

  1. ^ Dunham, William (1999). Euler: The Master of Us All. The Mathematical Association of America. hlm. 17.
  2. ^ Finkel, B.F. (1897). "Biography- Leonard Euler". The American Mathematical Monthly 4 (12): 300. doi:10.2307/2968971.
  3. ^ Dunham, William (1999). Euler: The Master of Us All. The Mathematical Association of America. xiii. "Lisez Euler, lisez Euler, c'est notre maître à tous."
  4. ^ Euler, Leonhard (1960). "Rettung der Göttlichen Offenbahrung Gegen die Einwürfe der Freygeister". In Orell-Fussli. Leonhardi Euleri Opera Omnia (series 3) 12.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar