Sabtu, 16 Maret 2013

SOAL UAS FILSAFAT PENDIDIKAN dan JAWABAN

1. Jelaskan arti wewenang kepemimpinan Kristen harus berpusat pada Alkitab!
jawaban :  wewenang untuk kepemimpinan Kristen berpusat pada Alkitab. Pada waktu Yesus menugaskan murid-muridNya, Ia menyatakan bahwa wewenang mereka bersumber padaNya dan FirmanNya. Petrus dipenjarakan, Paulus disiksa, Stevanus dibunuh, tetapi tak seorang melepaskan otoritas mutlak untuk kepemimpinan dan pelayanan. Fakta ialah bahwa Allah telah berfirman dan mereka menjadi penerus dari penyataanNya. (hal 51)

2. Uraikan tentang konteks kepemimpinan Kristen berpusat pada gereja!
jawaban : Pekerjaan kepemimpinan Kristen selalu din yatakan dalam konteks gereja universal. Tak ada organisasi atau lembaga yang mempunyi wewenang dalam pelayanan Kristen terlepas dari hubungannya dengan gereja yang diwakili oleh beberapa persekutuan lokal. Segala sesuatu yang dilaksanakan oleh anak-anak Tuhan dalam Perjanjian baru dihubungkan dengan gereja. (hal 53)

3.  Uraikan bahwa orientasi kepemimpinan adalah berpusat pada manusia!
jawaban : Jika konteks kepemimpinan Kristen adalah berpusat pada gereja, maka orientasi kepemimpinan kristen haruslah berpusat pada manusia, karena gereja adalah manusia. Kepemimpinan ditandai oleh kepercayaan diri dan suautu kepastian yang tenang bahwa seseorang sanggup melaksanakan tugas-tugas yang diharapkan daripadanya. (hal 54)

4. Jelaskan bahwa dinamika kepemimpinan Kristen berpusat pada Roh Kudus!
jawaban : Salah satu kata penting dalam Perjanjian Baru adalah memimpin. Dua ayat di mana perkataan ini dipergunakan menunjukkan hubungan dari kepemimpinan dengan penguasaan Roh Kudus. Roma 8:14 mengatakan : "semua orang yang dipimpin Roh Allah adalah anak Allah". Galatia 5:18 berbunyi : "akan tetapi jikalau  kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah Hukum Taurat". Dua ayat ini menyatakan pelayanan Roh Kudus. (hal 55)

5. Jelaskan arti keluarga memberi kesempatan untuk ajaran berulangkali!
jawaban : akan tetapi dalam keluarga, situasi-situasi hidup normal ini terjadi berula ngkali dan orang tua  mempunyai kesempatan untuk mengulangi ajaran-ajarannya. dengan demikian sikap dan arah tindakan menjadi permanen dalam kehidupan anak. (hal 58)

6. Jelaskan arti keluarga memberi kesempatan untuk mengobservasi hasil-hasil!
jawaban : dalam keluarga, orang tua mempunyai banyak kesempatan untuk mengobservasikan tingkah laku anak dan mengetahui apakah anak itu bertambah keinginan untuk mengampuni, menjadi lebih baik atau bertambah keinginan untuk menolong orang lain. (hal 58)

7. Uraikan arti bahwa keluarga terdapat pengalaman-pengalaman yang bervariasi!
jawaban : pengalaman-pengalaman dalam keluarga adalah mengenai seluruh aspek kehidupan daripada anak. Dalam sekolah minggu kehidupan sekolah dari seorang anak mungkin tidak diperhatikan. Atau mungkin ia tidak memperhatikan sikap seorang anak terhadap orang miskin. Keluarga mempunyai kesempatan untuk menginterprestasikan keguanaan agama bagi kehidupan sekolah anak, bagi pelajaran-pelajarannya, bagi rekreasinya dan bagi sahabat-sahabatnya. (hal 59)

8. Uraikan arti keluarga adalah sumber wewenang! 
jawaban : selama bagian terakhir abad ke-19, keluarga merupakan tempat di mana otoritas dan disiplin yang tajam dilaksanakan. Ayah memerintah dengan tangan besi. Sebagai reaksi atas konsep yang keras dari keluarga, aliran psikologi muncul yang menekankan pentingnya kebebasan bagi anak. (59)

9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan approach secara langsung!
jawaban : menekankan instruksi langsung dalam keluarga melalui sarana-sarana seperti : pembacaan Alkitab dan Doa keluarga setiap hari, mengucap syukur waktu makan, mempelajari pelajaran-pelajaran sekolah minggu bersama anak-anak, percakapan-percakapan mengenai hal-hal rohani dan lain-lain (Ulangan 6:6-7). (hal 60)

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan approach secara tidak langsung!
jawban : menekankan bahwa ajaran yang mantap dan efektif tidaklah diberikan secara verbal, melainkan diberkan secara tidak langsung melalui hubungan-hubungan keluarga. Jadi dalam analisa terakhir, tidaklah begitu penting apa yang diajarkan secara verbal, melainkan hal-hal yang penting adalah suasana dalam rumah dan hubungan-hubungan yang dialami oleh anak dalam keluarga. (hal 61)

11. Sebutkan 5 (lima) hal yang termasuk penyatuan tujuan umum!
jawaban : hal 64
  • suatu pengertian alkitabiah mengenai Allah Tritunggal dan suatu hubungan denganNya melalui Yesus Kristus, AnakNya. 
  • suatu hubungan alkitabiah dengan orang-orang Kristen lainnya dalam suatu partisipasinya vital bersama mereka dam Tubuh Kristus.
  • suatu program alkitabiah dari pembimbingan Kristen yang konstan dan teliti yang mempunyai penekakan pada doktrin, perkembangan dari keyakinan-keyakinan Kristen secara pribadi, dan suatu kelakuan atau pola hidup yang alkitabiah dalam keluarga dan kelompok-kelompok sosial yang lebih besar.
  • suatu penyerahan kembali kepada Kristus dalam pemuridan.
  • suatu partisipasi alkitabiah dan anthusiastik dalam mensaksikan Injil kepada dunia.
12. Uraikan 2 (dua) segi yang mengatakan bahwa alkitab adalah dasar pendidikan Kristen.
  • Pertama, Alkitab memberikan penerangan rohani dalam hati dan pikiran manusia; ia melayani kebutuhan yang paling mendasar dari sifat manusia.  Dalam hal ini ia bersifat menebus, tetapi ia juga mempunyai disiplin yang bersifat mendidik, mengarahkan manusia kepada sumber kehidupan.
  • Kedua, Alkitab memberikan fakta-fakta catatan sejarah mengenai pengalaman secara nasional maupun secara perorangan. Secara umum, Alkitab menyatakan pengalaman manusia sejak asalnya melalui kejatuhannya dalam dosa sampai pada pembaharuannya melalui rencana penyelamatan Allah.

1 komentar: