Senin, 25 Februari 2013

PENDEKATAN PAK KRISTOSENTRIS


Mata Kuliah : Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk
Nama Kelompok :
Dewi Hasugian           Ester E Pasaribu         Henok P Duha            Jonatan Sani
Konedi             Riswanto Lago                  Syukurman Zebua       Yuo Hendri

Dalam diskusi kami tentang pendekatan kristosentris, kami menemukan ada dua pendapat yang berbeda dalam pembahasan ini, dimana kami memahaminya dalam perpekstif inklusive dan exklusivisme. Seperti yang diuraikan dibawah ini :
·         Para Teolog Evagelism, mereka lebih bersikap inklusive terhadap agama lain bahkan mereka menganggap bahwa agama lain rendah, ini berarti pandangan ini menyatakan bahwa hanya di dalam agama kristen ada kebenaran dan keselamatan, diluar itu tidak ada.
·         Pandangan kedua dikemukakan oleh Karl Rahmer dalam keempat tesisnya, dia mengabungkan suatu Teologi yang bersifat Kristosentris dengan pengalaman keagamaan non-kristen. Kristus tetap pusat dan kriteria dari anugerah dan keselamatan. Oleh karena itu ia menamakan orang non-kristen sebagai orang Kristen anonim. Gagasan ini dikemukakan dalam empat tesis: agama Kristen ditujukan untuk semua orang, sehingga agama lain tak diakui; agama nonkristen menjadi saluran Anugerah Allah dalam Kristus, sebelum Injil memasuki sejarah individunya; agama Kristen menghadapi agama lain sebagai Kristen anonim; orang Kristen sebagai barisan terdepan yang nyata dari harapan Kristen yang hadir sebagai realitas terselubung dalam agama-agama lain.
·         Dari pandangan diatas kami kelompok meninjau dari kedua pandangan diatas, bahwa PAK Kristosentris adalah Yesus yang ditonjolkan sebagai penyelamat (Filipi 1:20-26), tetapi dengan tetap berpegang pada ajaran (Matius 28:18-20). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar